Wah, 600k Komputer Mac Kena Virus !!

Posted: April 13, 2012 in Komputer

BLOG DEFRI kali ini pengen share sedikit mengenai Komputer Mac, teman-teman blogger  udah pada tau kan apa itu Komputer Mac ??, pastinya udah dooong… Nah Kompter Mac ato Apple tergigit (orang menyebutnya) ini dikabarkan sekitar 600 ribu terkena virus malware. Pengguna Mac harus mulai waspada ne, walaupun awalnya Mac dari dulu dianggap paling aman dari virus, tapi seiring dengan perkembangan zaman dan semakin banyak pengguna maka Mac juga jadi rentan kena virus.

Kabarnya sih virus yang telah menginfeksi Mac itu namanya Trojan Flashback, cara kerja virus ini yaitu mencuri password dan informasi penting lainnya melalui browser dan dikirimkan secara remoot ke suatu server secara remote. Penyebaran virus ini bisa melalui situs yang berbahaya, contohnya ketika membuka situs berbahaya anda disuruh menginstal plug-in, nah ketika klik intall plugin itu lah secara otomatis ada kode yang terinstall ke komputer dan mencuri data.

Apple sebenarnya punya pemindai malware didalam OS X, yaitu XProtect. Dan itu hanya terdapat pada Mac OS X 10.6.8 dan versi selanjutnya. Benar atau tidaknya berita ini yang penting para pengguna Mac harus lebih waspada lagi dan rajin update informasi software, supaya tau informasi-informasi tentang aplikasi keamanan terbaru…

Terus kalo kita pengen tau, apakah komputer Mac terinfeksi virus ato belum gimana ???, disini ada sebuah cara, dengan menjalankan sjumlah perintah di terminal yang ada di folder utilities. Berikut kodenya :

defaults read /Applications/Safari.app/Contents/Info LSEnvironment
defaults read /Applications/Firefox.app/Contents/Info LSEnvironment
defaults read ~/.MacOSX/environment DYLD_INSERT_LIBRARIES

Copy dan pastekan kode tersebut ke jendela terminal, jika sistem Mac bersih maka akan muncul pesan “does not exist”, jika terinfeksi maka akan muncul path dimana malware itu terinstall. Waaahhhh, kalo sudah terinfeksi bagaimana cara penanganannya ya ??, Hmmm ada lankah demi langkah yang cukup kelas dari Toher Kessler. Untuk langkah-langkah tersebut silahkan teman-teman cari sendiri ya….😀

Cara lain jika teman-teman mengalami kesulitan untuk persoalan Komputer Mac, adalah dengan menghubungi layanan Mac terdekat dan minta bantuan teknisi… Hehehe….

Sumber : www.metrotvnews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s